Pendahuluan
Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir
tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut
teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data
processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan
penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Inovasi yang
berlangsung secara masif berlangsung dalam 25 tahun terakhir, sejak 1970-an, di
mana kabel tembaga mulai diganti dengan kabel serat optik, satelit dan
teknologi nir-kabel lainnya, seperti microwave dan seluler. Pada periode
yang sama, teknologi komputer berevolusi dari sebatas wordprocessing dan
accounting menjangkau image dan graphic processing, yang
membutuhkan penyimpanan dan pengolahan data dalam kapasitas yang sangat besar.
Dan secara fisis komputer berevolusi dari berukuran sebesar sebuah ruang tamu
sampai menjadi perangkat yang portabel dan personal. Kemampuan yang sangat
tinggi untuk mengirim dan menerima data dan citra, selain suara, meleburkan
kedua jenis teknologi tersebut menjadi yang kini lazim disebut information
and communication technology (ICT), atau teknologi informasi dan komunikasi
(TIK). Internet dan World Wide Web (WWW) menjadi wujud utama peleburan
kedua jenis
teknologi.
Penerapan Teknologi Informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan
efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu
menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi
Informasi menyebabkan perubahan pada
kebiasaan kerja. Perkembangan Teknologi Membawa perubahan pesat dalam dunia
bisnis. Ada berbagai macam sistem informasi dengan menggunakan teknologi
informasi,antara lain: Electronic Data Processing Systems, Data Processing
Systems (DPS), Decision Support System (DSS), Management Information System
(MIS), Executive Information Systems (EIS), Expert System (ES) dan Accounting
Information System (AIS). Perkembangan teknologi informasi juga berpengaruh
terhadap bidang manufaktur dan jasa. Pengaruh sistem informasi yang menggunakan
teknologi Informasi ini berpengaruh terhadap aktivitas perusahaan.baik yang
merugikan maupun yang bersifat menguntungkan.
Dengan adanya Teknologi Informasi memberikan manfaat yang pesat bagi
perusahaan,seperti perusahaan mampu mengendalikan aktivitas bisnis yang
rumit,sehingga dapat menghasilkan informasi yang relevan, artinya memiliki
tujuan yang spesifik,jelas,dan masuk akal,tepat waktu dimana informasi tersebut
sesuai dengan yang diminta dan tidak terlambat sehingga dapat menimbulkan
ketidaknyamanan user. Selain itu, untuk kinerja perusahaan teknologi dapat
menjadikan kinerja perusahan semakin efisien sehingga perusahaan dapat bertahan
dalam globalisasi. Selain banyak manfaatnya,Teknologi informasi ini tidak
selalu berdampak positif bagi semua aspek perusahaan,dikarenakan hilangnya
kesempatan kerja dan dapat menimbulkan crime of work bagi perusahaan, misalnya:
hacker account karyawan,yang dapat merugikan karyawan perusahaan dan
penyimpangan dalam perusahaan seperti karyawan membeli aset perusahaan untuk
kepentingan pribadi.
Kajian Pustaka
Di bidang bisnis baik
perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat
penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan
menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Perkembangan
teknologi di era globalisasi memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat.
Internet menjadi salah satu bukti dari perkembangan teknologi dimana seluruh
masyarakat sudah pasti menggunakan media internet. Internet bagi sebagian
masyarakat juga dijadikan sebagai alat untuk menjual atau memasarkan produk
atau jasa yang dimiliki, karena internet praktis, efisien dan efektif sehinga
menjadi pilihan yang tepat untuk promosi. E-commerce menjadi kegiatan jual beli
di dunia maya serta promosi produk atau jasa. Hal ini banyak memberikan
keuntungan, karena biaya yang dikeluarkan sedikit namun jangkauan konsumennya
luas. E-commerce dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dengan
menggunakan sistem elektronik.
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau
e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis. Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik
(electronic data interchange /EDI), dan lain
- lain.
Pengertian spesifik tentang e-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat
melakukan transaksi secara online atau juga bisa suatu cara berbelanja atau
berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan
fasilitas internet dimana terdapat website
yang menyediakan layanan “get and deliver”.
E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas
biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading.
E-commerce
mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit dimana
e-commerce adalah sub perangkat dari E-Bisnis. Cara pembayarannya yaitu
melalui transfer uang secara digital
seperti melalui account paypal atau
kartu credit sedangkan E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih
luas, area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi
dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di
lakukan dengan internet dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa
keamanan fleksibililtas dan efisiensi. Cara pembayarannya yaitu dengan melalui
pembayaran digital secara E-Gold dan
sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online. Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau
produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau
pemilik website yang dilakukan melalui email.
Contoh E-Commerce misalnya pembelian
buku secara online, pembelian elektronik melalui online, pembelian kendaraan
melalui online, pembelian pakaian secara online, dan lain-lain.
E-commerce pertama kali diperkenalkan
pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi
dan periklanan di suatu halaman-web (website).
Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga
AS$12,2 milyar pada 2003.
Beberapa
aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce
adalah:
·
E-mail dan Messaging
·
Content Management Systems
·
Dokumen, spreadsheet,
database
·
Akunting dan sistem keuangan
·
Informasi pengiriman dan pemesanan
·
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·
Sistem pembayaran domestik dan internasional
·
Newsgroup
·
On-line Shopping
·
Conferencing
·
Online Banking
Ada empat model bisnis yang paling
banyak digunakan pelaku-pelaku bisnis e-commerce di Indonesia untuk meraup
sukses, yaitu :
· Marketplace,
yaitu model bisnis dimana penjual dan pembeli berkumpul dalam satu website. Dalam marketplace inilah akan ditemukan layanan integrasi pembayaran dan
pengiriman barang dan jasa secara elektronik. Contohnya Blibli.Com dan
Tokopedia.Com
· Classified
Ads, dimana transaksi terjadi karena ada iklan baris di website. Dalam model bisnis ini
kebanyakan transaksi terjadi bukan secara online,
melainkan secara offline. Dengan
demikian iklan baris di website hanya
berfungsi untuk memberikan informasi bukan sebagai tempat terjadinya transaksi.
Contohnya Berniaga.Com, Kaskus.us, dan Tokobagus.Com.
· Daily Deals, dimana dalam model bisnis ini
perusahan E-Commerce memberikan
diskon untuk berbagai macam barang dan jasa serta penawaran menarik lainnya
kepada pelanggannya. Model bisnis seperti ini menguntungkan pelanggan karena
selalu ada diskon dan penawaran menarik setiap hari. Semakin banyak calon
pembeli maka semakin besar juga diskonnya. Contohnya DealGoing.Com.
· Online
Retail, adalah perusahan ritel yang telah sukses melakukan
transaksi bisnis di ranah offline kemudian
berpindah ke ranah online untuk
memperluas pasar. Contohnya Bhineka.Com dan Gramedia.Com.
Dengan
memiliki fokus Bisnis pada salah satu model bisnis maka sejumlah pemain bisnis e-commerce dapat menjalankan bisnis
dengan sukses. Aspek teknologi menjadi bagian penting untuk selalu menjadi
perhatian sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi bisnis online yang lebih
variatif.
Pengamatan pada Kegiatan Bisnis Online Berniaga.Com
Berniaga.com
adalah sebuah gagasan sederhana yaitu jual dan beli hampir semua barang. Jika
Anda ingin jual mobil, cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan
beli komputer di daerah Anda dengan mudah dan nyaman. Berniaga didirikan pada
Desember 2009 berlokasi di Menara Prima 22nd Floor unit F, Jl Lingkar
Mega Kuningan Blok 6.2, Jakarta, Jakarta, Indonesia 12950 dengan Slogan “ berniaga.com – Jualnya Gampang, Belinya
Senang”. Dengan kata lain Situs Jual
Beli Mudah Indonesia berniaga.com adalah situs iklan baris yang
menawarkan kemudahan untuk mencari, menjual, dan membeli barang secara mudah,
kapan pun dan dimanapun anda berada. berniaga.com menawarkan solusi mudah bagi
mereka yang hendak menjual ataupun membeli barang via online.
Berniaga adalah situs iklan baris di
Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli yang beroperasi di bawah
bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh
perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings (SPH) dan Schibsted
Classified Media (SCM). Berniaga.com ini sudah beroperasi sejak Desember 2009
dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti,
kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya. Beriklan di Internet sekarang sudah
cukup menjanjikan, dengan cara pemasangan yang mudah dan gratis bisa dilihat
semua orang secara online. Memasang iklan Jual beli di internet khususnya di
Berniaga lebih baik dibandingkan Memasang Iklan di Media Cetak, karena Iklan di
Internet memiliki kelebihan tidak terbatas jarak dan waktu.
Situs
jual beli dan pasang iklan gratis berslogan "Jual
beli mudah di Berniaga.com"
berfungsi menjembatani penjual dengan pembeli. Memberikan akses dan kesempatan
bagi penjual untuk menawarkan/menjual barang mereka via internet dengan cara
yang mudah dan dibekali dengan fasilitas-fasilitas gratis tentunya. Kemudahan
yang akan didapat oleh penjual di Berniaga.com diantaranya: penjual
diperkenankan untuk memasang iklan gratis guna menguraikan jenis produk yang
dijualnya dan disertai dengan gambar guna memudahkan calon pembeli untuk
mengenal barang-barang yang diperjualbelikan di Berniaga.com. Setiap penjual yang hendak memasang iklan dari
produk yang mereka jual, mereka harus melalui tahap-tahap pengisian formulir
pemasangan iklan seperti mengisi jenis iklan (iklan pribadi atau iklan
perusahaan), memilih jenis produk yang hendak dijual (elektronik, kendaraan,
properti, perlengkapan rumah, dll), merek barang, judul iklan, harga barang,
dan lain sebagainya.
Untuk
pembeli, Berniaga.com akan menjadi toko online yang baik, sebab berniaga.com
memberlakukan peninjauan kembali untuk para pemasang iklan yang hendak menjual
produk mereka untuk mengurangi tindakan penipuan. berniaga.com juga menyedikan
beberapa tips aman untuk penjual
maupun pembeli agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh pihak pembeli
maupun pihak penjual. Pembeli dapat melihat, meninjau dan mencari barang-barang
yang dicari/hendak dibeli kapanpun dan dimanapun pembeli berada. Cukup
mengakses Berniaga.com, pembeli
dapat melihat-lihat barang-barang yang tersedia untuk dibeli. Pembeli dapat
menghubungi pusat bantuan berniaga.com apabila memerlukan bantuan saat proses
penjualan maupun pembelian serta tata cara pemasangan iklan yang baik dan
benar.
Pembahasan
Berniaga.com
memudahkan traksaksi penjualan dan pembelian via online yang didukung oleh
iklan baris untuk mempromosikan produk dengan cara yang lebih baik.
Mempertemukan penjual dan pembeli dengan cara yang mudah dan dengan penawaran
yang lebih baik. Sekali lagi baca dahulu tips aman yang ada bagian bawah halaman depan situs berniaga.com
untuk proses jual beli mudah dan aman di Berniaga.Com.
Berniaga.com dalam model iklan baris
(classified ads) seperti halnya Kaskus.us, dan Tokobagus.com. Iklan baris
secara online hanya berfungsi sebagai informasi, sedangkan transaksinya
dilakukan secara online. Iklan baris Berniaga.com masih memiliki karekteristik
tersendiri. Barang-barang yang dijual dalam lamannya mengkhususkan pada bekas.
Fasilitas
keamanan yang berniaga.com siapkan adalah dengan mereview setiap iklan yang
masuk agar iklan yang dipublikasikan nantinya benar-benar berkualitas. Hal ini
meminimalisir potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli online.
Berniaga.com adalah sebuah gagasan sederhana: jual dan beli hampir semua barang
– Anda ingin jual mobil, cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan
beli komputer di daerah Anda dengan mudah dan nyaman.
Cara
Transaksi di Berniaga.Com
Berangkat dari ide memfasilitasi
penjual dan pembeli dengan mudah dan cepat, Berniaga.com hadir dengan
fitur atraktif yang memberi kepastian bisnis tanpa melupakan keamanan. Skema
belanja telah jauh berubah dari tatap muka antara penjual dan calon pembeli di
pasar menjadi mekanisme belanja yang mudah dan cepat melalui mediasi internet.
Namun, sebagai produk baru, belanja online tentu saja memiliki risiko bisnis.
Kejahatan yang terjadi dapat berupa penipuan dengan menjual barang cacat,
menjual barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan atau bahkan
barang tidak datang sama sekali setelah pembeli mentransfer uang.
Salah satu cara yang terbilang
efektif untuk mereduksi hal itu adalah konsisten melakukan transaksi online di portal-portal komersial yang
kredibel. Untuk menjawab penawaran terbaik dengan mudah dan aman serta real time antara penjual dan pembeli,
misalnya, konsumen kini hanya cukup duduk dan melakukan aktivasi transaksi di
depan layar komputer jinjing atau telepon pintarnya tanpa perlu takut tertipu.
Berangkat dari kesadaran itu, terbersitlah ide dari seorang Jullian Gafar
(Direktur Berniaga.Com) untuk menghadirkan portal guna memfasilitasi penjual
dan pembeli bertransaksi. Skema kerja Berniaga.com, terbilang sederhana. Jika
ingin menjual barang, Anda hanya perlu mengisi daftar isian yang terdiri
dari klasifikasi iklan dan identitas Anda. Sebaliknya, jika Anda ingin mencari
barang, Anda cukup meng-klik lokasi yang diinginkan, memilih klasifikasi iklan
dari barang yang sesuai dengan keinginan, dan dapat menghubungi sang penjual.
Setelah itu, jika terdapat kecocokan, maka bisa dilanjutkan dengan pertemuan
untuk finalisasi transaksi.
Kesimpulan
Berniaga.com
adalah layanan toko online yang mempertemukan pembeli dengan penjual.
Berniaga.com membuka
pasar jual beli Indonesia tanpa
dibatasi tempat maupun waktu yaitu menggunakan internet.
Berniaga.com mampu menghubungkan
pembeli dan penjual SeIndonesia melalui sebuah situs yang cepat diakses dan
mudah penggunaanya. Cara menjadi penjual di berniaga.com
sangatlah mudah, yaitu dengan menghubungkan akun facebook yang sudah online
ataupun mendaftar secara manual. Dalam
hal ini basis IT sangat memiliki peran penting dalam dunia bisnis dan dagang
karena Teknologi Informasi mampu memberikan nilai tambah dalam efisiensi proses
bisnis dan memberikan peluang bagi yang menjalankan bisnis dalam menciptakan
peluang-peluang bisnis secara lebih variatif.
ijin copas ya :)
BalasHapusOkeee
BalasHapusminta izin copas ya.... :D
BalasHapusThanks kaka. Mantap ini 😘
BalasHapus